Senin, 31 Januari 2011

Berbisik empat mata dan membiarkan kawan ketiga


 
Pernah mengalami ngobrol bertiga terus dikacangin tanpa permisi, pake bisik-bisik pula?. Enek kan!

Mungkin hal yang dibicarakan bukan menyangkut teman ketiga, tapi tunggu dulu ada yang perlu disadari dari sikap itu lho.

Berbisik empat mata dan membiarkan atau mencuekkan teman ketiga adalah sungguh tindakan yang amat tidak terpuji.  Bahkan sikap dan tindakan seperti ini sebenarnya merupakan langkah mahluk merah bertanduk dan berekor untuk memecah belah umat dan menebarkan kecemburuan, memecah persatuan, menaruh kecurigaan dan kebencian di antara sesama manusia.



Rasulullah Shallallahu’alaihi wasallam bersabda:

“Jika kalian sedang bertiga, maka janganlah dua orang berbisik tanpa seorang yang lain, sehingga kalian membaur dalam pergaulan dengan manusia, sebab yang demikian itu akan membuatnya sedih” (HR Al Bukhari, Fathul Bari : 11/83).

Termasuk di dalamnya berbisik dengan tiga orang dan meninggalkan orang keempat dan demikian seterusnya.

Demikian pula, jika kedua orang tersebut berbicara dengan bahasa yang tidak dimengerti oleh orang ketiga.

Tidak diragukan lagi, berbisik hanya berdua dengan tidak menghiraukan orang ketiga adalah salah satu bentuk penghinaan kepadanya. Atau memberikan asumsi bahwa keduanya menginginkan suatu kejahatan terhadap dirinya. Atau mungkin menimbulkan asumsi-asumsi lain yang tidak menguntungkan bagi kehidupan pergaulan mereka di kemudian hari.

dari e-book: DOSA-DOSA YANG DIANGGAP BIASA Compiled ebook by Akhukum Fillah

Tidak ada komentar:

Posting Komentar